Jumat, 22 November 2013

"bagaimanakah meningkatkan kinerja bisnis ketika terjadi kenaikan upah buruh?”


 


Tuntutan para buruh tentang kenaikan Upah Minimum Regional (UMR) sudah menjadi ritual setiap tahunnya, masyarakat selalu saja disuguhi dengan tuntutan oleh para buruh tentang upah minimum regional baik kabupaten/kota dan provinsi. Jika di telaah lebih lanjut, tuntutan para buruh masih wajar karena setiap tahunnya di negara Indonesia terjadi inflasi yang menyebabkan taraf kebutuhan hidup masyarakat semakin meningkat, namun di pihak lain, pengusaha merasa terbebani dengan tuntutan para buruh, karena kenaikan upah akan berdampak pada kenaikan biaya produksi mereka. Pada tahun 2013, upah minimum di Provisi DKI Jakarta sebesar Rp. 2,2 juta, hal ini tentu membuat resah para pengusaha karena upah tersebut dianggap sangatlah tinggi, namun berbeda halnya dengan para buruh. Mereka merasa puas dengan kebijakan tersebut, dengan naiknya upah sebesar 44%, dari upah Rp.1,53 juta menjadi RP.2,2 juta, pihak perusahaan mengharapkan kinerja buruh lebih ditingkatkan lagi sesuai dengan upah yang didapatkannya. Jika tidak, maka perusahaan akan merasa dirugikan, lantas “bagaimanakah meningkatkan kinerja bisnis ketika terjadi kenaikan upah buruh?”

1. Memperhatikan Sumber Daya Manusia
Buruh merupakan tombak utama dalam berhasilnya suatu usaha, memperhatikan pendidikan, kemampuan atau keterampilan, serta pengalaman kerja yang dimiliki oleh buruh juga merupakan salah satu faktor yang penting. Jika kemampuan atau keterampilan yang dimiliki oleh seorang buruh baik, maka akan berdampak positif bagi perusahaan.

2. Kesejahteraan Buruh
Dengan memperhatikan hak-hak yang dimiliki oleh buruh seperti gaji pokok, gaji lembur, pendapatan lain-lain yang menjadi hak para buruh, serta jaminan kesehatan dan keselamatan, agar para buruh dapat bekerja dengan maksimal tanpa takut akan cidera dalam melakukan pekerjaannya, karena pihak perusahaan sudah memberikan jaminan kepada buruh. Dengan demikian buruh akan merasa diperhatikan oleh pihak perusahaan dan mereka akan bekerja sesuai dengan apa yang mereka dapatkan, sehingga target perusahaan dapat tercapai.

3. Konsistensi dalam Aturan
Kenaikan upah yang menjadi gejolak dalam di kalangan pengusaha, diharapkan menjadi acuan oleh para buruh untuk bekerja secara totalitas. Jika kinerja para buruh masih sama dengan kinerjanya sebelum upah dinaikkan, maka tidak ada salahnya jika pihak perusahaan menyeleksi buruh yang sifatnya malas dan tidak total dalam hal pekerjaan, jika tidak maka target dalam perusahaan tidak akan tercapai.

4.Promosi Produk
Dalam hal ini, bagian marketinglah yang menjadi sasarannya. Mereka dituntut untuk lebih aktif lagi mengadakan event-event yang bertujuan mempromosikan produk yan dihasilkan oleh perusahaan, banyak media yang bisa digunakan dalam hal promosi, misalnya internet baik itu lewat jejaring sosial ataupun yang lainnya. Namun hal ini juga harus seiring dengan kualitas produk yang dihasilkan, masyarakat juga tahu produk yang memiliki kualitas yang tinggi dengan produk yang berkualitas rendah.

5. Membangun Semangat Kerja
Setiap butuh pasti pernah dilanda rasa bosan ataupun jenuh dalam bekerja, untuk menyikapi hal ini, maka perusahaan diharapkan mampu memberikan motivasi kepada buruh untuk lebih giat dalam bekerja dan selalu menanamkan rasa puas kepada pribadi masing-masing. Berusaha memahami keinginan buruh dengar mendengarkan setiap keluhan buruh agar terjadi komunikasi yang baik dari pihak buruh dan pihak perusahaan.

6. Kesadaran Buruh
Percuma jika perusahaan melakukan beberapa alternatif untuk meningkatkan kinerja bisnis agar bisa mencapai target di tengah kenaikan upah buruh, apabila tidak ada kesadaran dari para buruh untuk meningkatkan produktivitas mereka dalam hal bekerja, maka perusahaan akan merasa dirugikan dalam hal ini.

Perusahaan mempekerjakan buruh sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, sehingga perusahaan mampu 

memilih buruh yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Dengan meningkatkan produktivitas dan pelayanan dalam perusahaan, serta kualitas output yang dihasilkan, akan menjadi hal yang sangat diperhatikan untuk meningkatkan kinerja bisnis ditengah naiknya upah para buruh.
(
www.ciputraentrepreneurship.com)

Data diri :
Nurasiyah
17 tahun
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Makassar.
Email : nurasiyah57@yahoo.com
Alamat : Jalan Daeng Ramang, Kompleks Permata Sudiang Raya, Blok J.10, No.22, Makassar.
Hp 082332643613
 


0 komentar:

Posting Komentar